Bupati Apresiasi Pemdes Kebonalas Ciptakan Destinasi Wisata Baru, Kampung Buah Tlatar

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar kegiatan Sambang Warga di Desa Kebonalas, Kecamatan Manisrenggo, Rabu (25/9/2024). Program serap aspirasi masyarakat tersebut digelar di Wisata Kampung Buah Tlatar Desa Kebonalas Manisrenggo.

Bupati Klaten, Sri Mulyani hadir secara langsung dan didampingi jajaran OPD Kabupaten Klaten. Kegiatan Sambang Warga diawali dengan peninjauan UMKM lokal Desa Kebonalas dan UMKM desa di Kecamatan Manisrenggo. Dalam kegiatan tersebut, Bupati turut meresmikan Wisata Kampung Buah Tlatar Desa Kebonalas.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kebonalas, Supriyanto meminta dukungan Pemkab Klaten dalam pengembangan Kebun Buah Tlatar dan percepatan pengesahan tanah kas desa serta peningkatan fasilitas wisata.

“Peresmian Kebun Buah Tlatar yang bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) telah berlangsung, dan diharapkan Bupati terus membina pengembangannya. Kami juga memohon agar tanah kas desa di Barukan dan proses tukar guling segera disahkan. Meski pengembangan wisata Kampung Buah Tlatar berjalan lancar, masih diperlukan peningkatan fasilitas. Kami berharap dukungan Ibu Bupati,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Kebonalas yang telah membuka destinasi wisata baru di wilayah Kecamatan Manisrenggo. Atas aspirasi tersebut, ia meminta OPD terkait untuk menindaklanjuti usulan tersebut.

“Kegiatan sambang warga bertujuan mendengarkan aspirasi masyarakat. Saya sarankan Kebun Buah Tlatar dilengkapi kafe dan kuliner untuk meningkatkan potensi pendapatan dan mendukung pembangunan di Desa Kebonalas. Terkait tukar guling, saya minta kepala OPD untuk berkoordinasi dengan pemerintah desa mengenai bantuan yang bisa segera diberikan,” papar Sri Mulyani.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyalurkan bantuan sosial dan pendidikan kepada masyarakat desa setempat yang membutuhkan. Sambang Warga merupakan program kegiatan yang rutin digelar sebagai media pertemuan antara Pemkab Klaten dengan masyarakat secara langsung. Kegiatan ini sekaligus menjadi media untuk bersilaturahmi oleh pemerintah daerah, menerima saran dan masukan, serta menyerap aspirasi dari seluruh warga masyarakat. (Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply