H. Moch.Isnaeni :  ” Membangun Masjid Berpahala Terus Mengalir dan  Dapat Naungan di Akhirat “

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Sekertaris Forum Kerukunan Umat Beragama  ( FKUB  ) Kabupaten Klaten  H. Moch.Isnaeni  mengatakan  bahwa membangun masjid itu berpahala yang terus mengalir dan  tentunya yang bersangkutan  akan mendapatkan  naungan  di akherat kelak dari Allah  SWT.

Hal itu disampaikan Moch.Isnaeni  saat memberikan tausiyah  pada acara groundbreaking  pencanangan tiang pancang pertama masjid  Qolbun Syakur  di Jalan Yogya-Solo  km 18 Desa Sanggrahan Kecamatan Prambanan Klaten dekat RSU -PKU Muhammadiyah  Minggu ( 7/7/2024 ) bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1446 H.

Pemancangan tiang pancang  pertama dilakukan oleh Sekertaris Daerah ( Sekda  ) Kabupaten Klaten  Jajang Prihono  mewakili Bupati Klaten Hj.Sri Mulyani.

Masjid Qolbun Syakur  didirikan  atas inisiatif  keluarga besar dan para  alumni SMA  Negeri 1 Klaten lintas  angkatan yang diprakarsai Joko Priyono alumni tahun 1984.

Menurut Moch.Isnaeni pembangunan sebuah masjid tentu  membutuhkan biaya besar. Namun hal ini sebanding dengan pahala yang dijanjikan Allah SWT. Beramal dengan membangun masjid memiliki banyak keutamaan.

“Masjid itu adalah rumah Allah, tempat ibadah umat muslim,  dengan adanya masjid, umat Islam bisa berkumpul untuk melaksanakan sholat berjamaah dan  juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan sosial dalam ajaran Islam.” katanya.

Dikatakan bahwa masjid juga menjadi tempat untuk menyebarkan syiar agama Islam. Semakin besar dan megah masjid maka semakin banyak jamaah yang bisa beribadah di situ. Oleh karena itu  investasi  membangun masjid  adalah sebuah amalan yang  akan terus  mengalirkan pahala ” katanya.

Moch.Isnaeni  juga mengutip Sejumlah Amalan Penting Penghuni Surga Saat di Dunia oleh Ahmad Abi Al-Musabbih menyebutkan bahwa membangun masjid merupakan suatu amalan yang dapat menjadi penyebab seseorang masuk surga.

Sebagaimana difirmankan  Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah: 245: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan berlipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”.

Menurutnya ayat di atas menggambarkan bahwa berniaga dengan Allah SWT melalui sedekah termasuk membangun masjid akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Tentunya hal ini harus diiringi dengan niat yang tulus semata-mata hanya mengharapkan kebaikan dari Allah SWT.

“Diantara Keutamaan Membangun Masjid
Adalah Dibangunkan rumah megah di surga sebagai  mana diriwayatkan  dari Jabir bin ‘Abdillah r.a., Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah).

Menurutnya hadits ini memberikan sebuah gambaran betapa Allah SWT tidak menilai kuantitas seseorang dalam bersedekah, tetapi melihat ketulusan dan keikhlasannya. Sebuah sedekah di jalan Allah SWT, walaupun terbilang kecil tetapi tetap mendapatkan balasan pahala besar.

Dikatakan bahwa siapa saja  yang membangun masjid  maka orang itu masuk dalam golongan orang beriman
Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an : Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Lebih lanjut dikatakan  bahwa ada pahala yang terus mengalir
dengan membangun masjid, maka  seorang umat muslim akan mendapatkan pahala yang terus mengalir layaknya air sungai yang alirannya deras.

“Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:
“Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya–beliau menyebutkan di antaranya, (yakni) mushaf yang ia tinggalkan,
masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya di kala sehat dan hidupnya, maka ia akan menghampirinya sepeninggalnya.” (HR. Ibnu Majah).

Yang terakhir  ini menurut  Moch Isnaeni  bahwa siapba saja yang  membangun masjid  maka mereka  itu akan mendapat naungan di akhirat kelak.

Demikian beberapa keutamaan dari amalan membangun masjid. Semoga Allah SWT limpahkan nikmat dan rezeki halal serta berlimpah agar kita sebagai umatnya mampu melaksanakan amalan ini. (Moch.Isnaeni / red)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply