Mengembangkan Sentra Hydroponik Tirta Arum, Salah Satu Program Mahasiswa KKN UGM Di Kalikotes

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Gajah Mada (KKN PPM UGM) di tiga desa di wilayah kecamatan Kalikotes kabupaten Klaten sudah berjalan hampir separuh waktu pelaksanaannya. Dalam kaitan tersebut, hari Kamis (11/7/2024) dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan KKN PPM para mahasiswa  UGM di wilayah kecamatan Kalikotes yang dilakukan oleh pihak kampus UGM yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor UGM,  Prof. Dr. Ari Sujito bertempat di pendopo kantor kecamatan Kalikotes.

Para mahasiswa tersebut melaksanakan KKN PPM di tiga desa di kecamatan Kalikotes yaitu desa Kalikotes, desa Ngemplak dan desa Jimbung.  Di masing masing desa, para mahasiswa tersebut memiliki program yang berbeda satu sama lainnya.

Di desa Kalikotes, para mahasiswa memprogramkan pembangunan tugu ikan kotes sebagai ikon atau penanda bahwa di wilayah ini dulunya adalah wilayah yang banyak ikan jenis “kotes” nya. Disamping itu, tugu ikan kotes tersebut ke depan merupakan pusat pertumbuhan ekonomi warga, karena direncanakan di sekitar lokasi keberadaan tugu ikan kotes tersebut akan menjadi pusat kuliner dari para pelaku UMKM warga desa desa di kecamatan Kalikotes.

Selain membangun tugu ikan kotes, para mahasiswa UGM yang melaksanakan KKN di desa Kalikotes juga terjun langsung ke masyarakat dengan bergabung di dalam kegiatan ibu ibu PKK dalam pengelolaan dan pengembangan sentra hydroponik Tirta Arum desa Kalikotes.

Sementara para mahasiswa yang melakukan KKN di desa Ngemplak memiliki program akan membentuk desa Ngemplak sebagai desa Pancasila. Dimana setiap warga di desa Kalikotes akan melaksanakan nilai nilai dan norma Pancasila menjadi pedoman dan di jalankan dalam kehidupan sehari hari.

Dan terakhir, para mahasiswa yang melaksanakan KKN di desa Jimbung memiliki program unggulan yaitu mengadakan aksi screening anemia dan workshop remaja. Selain itu, para mahasiswa juga melakukan pendampingan terhadap desa untuk menghadapi program desa binaan.

Wakil rektor UGM, Ari Sujito menyatakan program KKN PPM UGM di kecamatan Kalikotes ini adalah program berkelanjutan. Ke depan akan ada lagi program pengabdian dari kampus UGM di wilayah kecamatan Kalikotes.

” UGM membukakan jalan bagi kerjasama pemerintah desa dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya untuk berkerja sama…” ungkap Prof. Suratman, Salah satu Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM UGM di kecamatan Kalikotes. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply