Nayyara dan Reiky Terpilih Jadi Duta Genre Klaten 2024

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Nayyara Azwa Nabila dari Klaten Tengah dan Reiky Faiz Setyo Nugroho dari Kecamatan Manisrenggo terpilih menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Klaten tahun 2024.

Bupati Klaten, Sri Mulyani secara langsung memberikan piala dan apresiasi kepada Duta Genre Klaten terpilih, Kamis (18/07/2024) di Grha Bung Karno Klaten.

Turut hadir Forkopimda, Sekda, Staff Ahli, Kepala BKKBN Provinsi Jateng, Kepala OPD, Camat, Direktur RSBW, Ketua Organisasi Wanita, Duta Wisata, Duta Genre Se-Eks Karesidenan Surakarta, tamu undangan, dan masyarakat Klaten.

Dalam sambutannya Bupati Klaten yang diwakili oleh Sekretaris Daerah , Jajang Prihono menyampaikan program genre merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda yang mengajarkan mengenai apa itu pernikahan dini, seks pra nikah, dan NAPZA.
“Harapannya duta genre dapat mensosialisasikan dan mempromosikan program-program genre serta bisa menjadi figure motivator dan duta stunting dikalangan remaja,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Provinsi Jawa Tengah, Eka Sulistya Ediningsih menyampaikan mengenai perencanaan pertumbuhan penduduk, dan juga pembangunan keluarga yang sudah sangat baik diterapkan oleh Kabupaten Klaten.
“Harapannya para finalis generasi berencana ini tetap mengoptimalkan potensi dirinya dalam mengkampanyekan generasi berencana disemua kalangan melalui digitalisasi yang ada,” paparnya.

Eka berharap dengan adanya Duta Genre 2024 ini dapat menciptakan kehidupan para remaja yang sehat sehingga dapat mengurangi angka stunting di Kabupaten Klaten.

Sementara itu Kepala DISSOSP3APKB, Puspo Enggar Hastuti mengatakan pemilihan Duta Genre 2024 merupakan kegiatan yang digelar setiap tahun. Puspo juga menjelaskan Pemilihan Duta Genre ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada para remaja yang ikut berperan dalam isu kependudukan, kesehatan reproduksi, dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga.

Puspo juga memaparkan para finalis sudah melalui beberapa tahapan seleksi seperti administrasi,wawancara, pemaparan program, dan lainnya.
“Dalam acara ini sehingga tersaring yakni 10 finalis yang terdiri dari lima finalis putra, dan lima finalis putri. Nantinya ke 10 finalis itu akan dipilih lagi untuk ke tahap lima besar.  Gagasan para finalis atas pertanyaan yang diberikan akan dinilai oleh para dewan juri untuk di kerucutkan lagi kedalam tiga besar pasangan finalis Duta Genre Klaten 2024. Dan terpilih satu pasang Duta Genre Klaten 2024 yang akan mewakili Klaten ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Dalam pemilihan Duta Genre Klaten 2024 ini yang terpilih sebagai juara 1 putra yaitu Reiky Faiz Setyo Nugroho dan Nayyara Azwa sebagai juara 1 putri, Juara 2 putra diraih oleh Ervino dan Narin Anesa sebagai juara 2 putri. Juara 3 putra diraih oleh Joshua Ivan Dewangga dan Kinan Syifa Aulia sebagai juara 3 putri. Serta juara harapan 1 putra diraih oleh Diky Dwi Saputra dan Farah Yunita Maharani sebagai harapan 1 putri. dan juara harapan 2 putra diraih oleh David Ardi Pangestu dan Mutia Rahma sebagai juara harapan 2.

Tak hanya itu, juga ada pemberian penghargaan lainnya untuk para finalis yakni Duta Genre Favorit, Duta Genre Influencer, Duta Genre Berbakat, dan Duta Genre Lingkungan.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan fashion show yang  menarik. (Ist / Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply