Waaster Panglima TNI Berikan Apresiasi Terhadap Pelaksanaan TMMD Di Desa Tambongwetan

 NASIONAL

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI ) Jendral TNI Agus Subiyanto menghadirkan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Werijon ke Desa Tambong Wetan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten untuk melihat langsung pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 121 Tahun Anggaran 2024 Kodim 0723 Klaten pada Selasa (6/7/2024).

Kedatangan Waaster Panglima TNI ini disambut langsung oleh Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan, Dandim 0722 Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Faisal Banu, Forkompinda Klaten, Forkopimcam Kalikotes, dan Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta Kepala Desa Tambong Wetan Yuliarti beserta Perangkat Desa lainnya.

Kunjungan Brigjen TNI (Mar) Werijon ini untuk melakukan pengawasan dan evaluasi (Wasev) atas pelaksanaan TMMD Reguler 121 di Desa Tambong Wetan.

“Tingkatkan sinergitas dengan Pemda, instansi vertikal lain, akademisi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya untuk mendukung kegiatan TMMD, ” kata Brigjen TNI (Mar) Werijon.

Brigjen TNI (Mar) Werijon berharap agar para Dansatgas mengoptimalkan pencapaian output kegiatan dan outcame program TMMD dalam rangka ruang alat kondisi juang yang tangguh dan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Saya berpesan, dalam pelaksanaan kegiatan agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan,” pesan Waaster Panglima TNI.

Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI mengaku sangat bangga dengan sinergitas yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dengan TNI Kodim 0723 Klaten dengan adanya Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) yang dilaksanakan 6 kali dalam setahun dan juga ada TMMD 4 kali setahun yang merupakan kegiatan percepatan pembangunan di Klaten yang melibat masyarakat dan TNI.

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Werijon saat memberikan pengarahan terkait pelaksanaan TMMD Reguler 121 di Desa Tambong Wetan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten pada Selasa (6/7/2024).

Sedang Komandan Kodim 0723 Klaten selaku Dansatgas TMMD, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo memaparkan, pelaksanaan TMMD Reguler 121 yang sudah berjalan sekitar 14 hari ini dibuka sejak tanggal 24 Juli 2024 di Desa Tambong Wetan.

“Latar belakang terpilihnya Desa Tambong Wetan adalah terbatasnya akses jalan pertanian, masih adanya warga yang rumahnya belum layak huni, dan pemenuhan kebutuhan air bersih dan air untuk pertanian,” terang Dandim.

Dansatgas menyampaikan, sasaran TMMD Reguler 121 ini meliputi pembuatan jembatan baru, pembuatan jalan dilanjutkan dengan betonisasi, pembuatan talud, pompanisasi, rehab rumah tidak layak huni (RTLH), jambanisasi, dan beberapa penyuluhan untuk warga Desa Tambong Wetan.

“Selama pelaksanaan TMMD, pasukan Satgas dari Yonif 408 Subhrasta, Lanud Adi Sumarmo, Yonzipur dan Denzipur tidur di rumah penduduk, agar dapat menyatu dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di Desa Tambong Wetan,” papar Dandim.

Sementara itu Bupati Klaten Sri Mulyani melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Klaten Wahyuni Sri Rahayu dalam sambutan mengapresiasi kemanunggalan TNI dan rakyat melalui TMMD Reguler 121 yang dapat menggugah kembali gotong royong warga yang menjadi ciri khas rakyat Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Klaten memiliki program andalan yang merupakan inovasi dari Pemkab dengan Kodim 0723 Klaten dalam mempercepat pembangunan di wilayah yaitu Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar yang saat ini sudah ke 23 kali. Kegiatannya sama dengan program TMMD Reguler maupun TMMD Sengkuyung,” ungkap Kadispermades.

Setelah menerima paparan rombongan meninjau pembuatan jembatan, pembuatan talud, betonisasi, melihat penyuluhan di Balai Desa Krajan dan Desa Tambong Wetan, meninjau hasil rehab RTLH dan jambanisasi serta melihat langsung program TNI AD Manunggal Air di Desa Krikilan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Selain itu, juga membagikan sembako kepada warga masyarakat Desa Tambong Wetan.

Terkait, Kepala Desa Tambong Wetan Yuliarti mengatakan, masyarakat Desa Tambong Wetan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klaten, terutama Bupati, Forkompimda Klaten, tertutama Dandim, dan Koramil dengan adanya TMMD reguler 121 di Desa Tambong Wetan ini,

Yuliarti juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD Reguler 121 ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya TMMD Reguler 121 ini, petani dan warga terbantu dengan adanya akses jalan. Yang semula tidak ada akses jalan, dengan adanya TMMD Reguler ini, akses jalan jadi mudah, dan bisa bermanfaat bagi petani. Semoga dengan adanya TMMD Reguler 121 ini, bisa meningkatkan perekonomian warga dan petani,” ucapnya.  (Ist/Pendim 0723-Klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply