Raih Predikat Cumlaude, Kun Andyan Anindita Jalani Ujian Promosi Doktor  Konsentrasi Pendidikan Bahasa

 PENDIDIKAN DAN IPTEK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta  ( UNY  ) Program Doktor menggelar Ujian terbuka promosi Doktor Promovendus Kun Andyan Anindita di ruang Cine Club Lantai  1 Gedung Suryamentaram UNY, Senin (26/8/2024).

Promovendus Kun Andyan Anindita menyampaikan Disertasi yang berjudul  Representasi Ekoturisme Dalam Antologi Puisi Senyuman Lembah Ijen dan Kota Terbayang di hadapan  tim penguji  sebanyak  6 personil.

Dalam kesempatan itu,  Prof.Dr. Dra. Endang Nurhayati, M.Hum , bertindak sebagai Ketua penguji.

Dalam sidang ini, Kun Andyan Anindita diuji oleh Prof.Dr. Dra.  Endang Nurhayati, M.Hum sebagai Ketua penguji,   sementara Prof. Dr. Drs. Anwar Efendi, M.Si  bertindak sebagai Promotor, Dr Nurhadi, S.Pd,  M.Hum sebagai Kopromotor, Prof.  Dr. Drs.  Suminto A Sayuti sebagai penguji internal 1,  Prof. Dr. Dra. Wiyatmi, M.Hum sebagai penguji internal 2., dan  Dr. Pujiharto ,M.Hum.,  bertindak sebagai penguji ekternal.

Setelah sidang dibuka Oleh Ketua Sidang Endang Nurhayati selanjutnya tiba saatnya kesempatan para penguji untuk mengajukan pertanyaan.

Dr. Pujiharto, M.Hum  mendapatkan kesempatan pertama  dalam mengajukan pertanyaan dan mengapresiasi capaian penelitian dari Kun Andyan Anindita, “Saya pribadi mengapresiasi capaian penelitian dari Kun Andyan Anindita namun tentu ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan,” katanya.

“Anda tadi menjelaskan bahwa ada bentuk keresahan dan kekhawatiran yang anda lihat terkait bahwa  ekoturisme alam dan budaya sangat erat kaitannya  dengan  nilai-nilai pendidikan Bahasa  melalui pendalaman  puisi.

Promovendus Kun Andyan Anindita langsung menjawab, “Tentu dalam membentuk  ekoturisme yang sarat dengan nilai-nilai  budaya  melibatkan semua komponen yang ada di masyarakat,  komunitas pemuda, dan lainnya  memiliki tanggungjawab bersama  untuk menjaga dan memelihara alam dan budaya.” Jawab Kun Andyan.

Bagi Kun Andyan Anindita Ekoturisme  lembah Ijen dan Kota Terbayang  dapat membangun kesadaran melalui  puisi dan tentu pengetahuan inilah nilai-nilai Pendidikan Bahasa akan muncul dan akan membentuk tindakan  bagi siapapun  lewat puisi.

Setelah penguji mengajukan pertanyaan , di akhir sidang itu, Prof. Dr. Drs. Anwar Efendi, M.Si  selaku Promotor mendapat kesempatan untuk memberikan pesan-pesan akademik kepada Promovendus Kun Andyan Anindita

Di sesi terakhir dalam suasana bahagia serta hening hanya suara Prof. Dr. Dra. Endang Nurhayati, M.Hum yang terdengar jelas pada waktu itu.
“Saya senang dan bangga dengan anda Pak Doktor Kun Andyan Anindita.” Ucap Prof. Dr. Dra. Endang Nurhayati, M.Hum dengan nada penuh haru.

“Disertasi bukan hanya untain kata-kata saja. Itu adalah kedalaman pengetahuan anda. Keberhasilan ini mencerminkan kerja keras anda dalam menyelesaikan Disertasi ini. Motivasi, semangat anda dalam meneliti sangat luar biasa.” Lanjut Prof. Dr. Dra. Endang Nurhayati, M.Hum.

Lebih lanjut dikatakan  bahwa  Ini bukan capaian Pribadi tetapi ini adalah dedikasi untuk pengetahuan dan kemajuan Bangsa. “Penelitian ini sangat penting. Ada kontribusi besar terhadap pendidikan Bahasa melalui Puisi ” tegasnya.

Terakhir Prof. Dr. Dra. Endang Nurhayati, M.Hum menyampaikan “Ujian terberat bukan hari ini, tapi ujian terberat itu ketika kembali ke tempat anda mengabdi. Dan ingat tetap jaga nama baik almamater UNY, karena anda adalah bagian dari kami,” Tutup Prof. Dr. Dra.Endang Nurhayati, M.Hum.

Kini Kun Andyan Anindita resmi menyandang status Doktor di bidang Konsentrasi Pendidikan Bahasa. Dia sukses menyelesaikan Program Doktoralnya selama 4 Tahun,serta mendapat penghargaan akademik predikat Cumlaude dan menjadi lulusan Doktor ke- 99 di Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply