Tahun 2024, PPTQ Ibnu Abbas Klaten Luluskan 482 Santri

 PENDIDIKAN DAN IPTEK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Ibnu Abbas Klaten hari Jum’at (14/6/2024) menyelenggarakan media gathering dalam rangka menyambut acara wisuda siswa SMPIT, SMAIT dan Ma’had ‘Aly pada tanggal 23 Juni serta soft launching Klinik Pratama Rawat Jalan Ibnu Abbas di kampus 2 PPTQ Ibnu Abbas Troso, Karanganom Klaten.

PPTQ Ibnu Abbas berdiri sejak tahun 2003. Awalnya bernama Yayasan Islamic Center Ibnu Abbas Klaten yang dirintis oleh Dr. KH. Muhammad Muinudinillah Rahimakullah bersama para pejuang dakwah Islam di wilayah kabupaten Klaten. Yayasan ini didirikan dalam rangka menjawab persoalan keumatan di bidang sosial, ekonomi, dakwah dan pendidikan.

Ketua Yayasan Islamic Center Ibnu Abbas Klaten, Hj. Suciningsih menjelaskan, dulunya Yayasan Islamic Center Ibnu Abbas Klaten juga memiliki stasiun radio dakwah yaitu Islamic Center FM (ICFM). Melalui siaran radio inilah program program dakwah senantiasa ditunggu tunggu oleh warga masyarakat.

Kemudian sejak tahun 2007 Yayasan Islamic Center Ibnu Abbas berproses menjadi sebuah lembaga pendidikan dengan nama Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Ibnu Abbas Klaten. PPTQ Ibnu Abbas memiliki Unit Pendidikan dari usia dasar hingga pendidikan tinggi, yang meliputi Kuttab Ibnu Abbas untuk sekolah dasar, Kulliyatul Mu’allimin Ibnu Abbas (KMI) yang berfokus pada kaderisasi ulama dan pendidikan formal SMPIT dan SMAIT serta Ma’had. ‘Aly pada pendidikan tinggi.
” Visi Qur’an yangndicetuskan para pendiri tidak cukup diwujudkan dalam pendidikan saja tetapi juga aspek kesehatan, sosial dan lain sebagainya. Melalui kerjasama informasi dengan media massa, sebagai penyambung informasi ke publik yang kredibel, program program kami bisa diakses dan tersampaikan dengan baik..” ungkap Hj. Suciningsih.

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa pada bulan Juni tahun 2024 ini, melalui program yang dimiliki, Yayasan Ibnu Abbas sudah meraih beberapa prestasi, antara lain di bidang pendidikan melalui unit SMAIT Ibnu Abbas menjadi salah satu delegasi bersama 6 SMA lain dari Indonesia dan 7 orang dosen UGM mengikuti forum internasional di Chen Shiu University Taiwan. Dalam kegiatan tersebut juga ditandatangani memorandum of understanding untuk peningkatan kualitas akademik dan manajemen dengan dua SMA berprestasi di Taiwan yaitu Fo Guang Shan Pu-Men dan Chung Shan.

” Terwujudnya kerjasama internasional tersebut akan meningkatkan peluang para santri kami untuk belajar di luar negeri semakin luas..” jelas Ketua Bidang Pendidikan yang juga Direktur PPTQ Ibnu Abbas Klaten, KH Muhammad Uqbah Azis, Lc.MA.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Muhammad Uqbah Azis, lulusan SMAIT Ibnu Abbas Klaten yang lolos masuk perguruan tinggi negeri tahun 202
melalui jalur prestasi atau SNBP sebanyak 22 siswa, dan melalui jalur tes atau UTBK-SNBT sebanyak 73 siswa.

Dalam waktu dekat atau tepatnya pada hari Minggu (23/6/2024), PPTQ Ibnu Abbas Klaten akan menyelenggarakan wisuda sanad dan wisuda santri atau akhirussanah yang dilaksanakan di kampus 2 PPTQ Ibnu Abbas Klaten di desa Troso kecamatan Karanganom Klaten. Sementara wisuda Akbar akan dilaksanakan di gedung pertemuan Wongso Menggolo pada hari Minggu (27/6/2024).

” Ada sejumlah 482 santri penghafal Qur’an dari tingkat SMPIT, SMAIT serta Ma’had  ‘Aly yang akan mengikuti acara wisuda Akbar di gedung Wongso Menggolo hari Minggu besok..” lanjut Ustadz Uqbah.

Sementara di bidang kesehatan, Yayasan PPTQ Ibnu Abbas Klaten akan melaksanakan acara soft launching Klinik Pratama Rawat Jalan Ibnu Abbas Klaten di desa Troso. Pada kesempatan tersebut akan dilakukan khitanan massal untuk kaum duafa dan anak yatim, kemudian layanan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam Klaten dan Pemerintah Desa Troso.
” Prosesi soft launching akan diawali dengan pengajian Ahad pagi yang bertemakan mewujudkan masyarakat yang sehat dan bahagia jiwa raga…” tutur dr. Miftahul Jannah Salwah Ummah, Ketua Bidang Kesehatan Ibnu Abbas Klaten.


Lebih lanjut dijelaskan dr Miftahul Jannah, kehadiran klinik Pratama ini sebagai salah satu cara untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat dapat akses pelayanan kesehatan yang mudah dan terjangkau. Setelah soft launching ini, semoga klinik Pratama semakin memperkuat kebermanfaatan Yayasan Ibnu Abbas Klaten di bidang kesehatan.

Dan terakhir di bidang sosial. Melalui ProZis Ibnu Abbas telah berhasil meraih prestasi “The Best Ambasador” berbasis pesantren sebagai lembaga zakat infak dan sedekah (ZIS) sebagai mitra resmi Baitulmaal Muamalat (BMM) sejak tahun 2020.
Prestasi tersebut mendorong peningkatan di sisi penghimpunan ZIS, pada Januari hingga Mei tahun 2024 sebesar 1,4 Milyar rupiah lebih. Sementara tahun sebelumnya sejumlah 1,3 Milyar rupiah.

Ketua Bidang Sosial dan ProZis Ibnu Abbas Klaten, Fajarul Falah, SThI menjelaskan, Dana ZIS yang berhasil dihimpun tersebut pada tahun 2023 telah disalurkan kepada 15.437 penerima manfaat. Dan Januari hingga Mei tahun 2024 telah diterimakan kepada 8.806 penerima manfaat.

” Capaian tersebut akan terus ditingkatkan sehingga ProZIS Ibnu Abbas bisa menjadi lembaga ZIS yang mandiri minimal di tingkat provinsi…” jelas Fajarul Falah.

Terkait dengan peringatan Idul Adha tahun 2024, Fajarul Falah menjelaskan, Yayasan Ibnu Abbas Klaten akan melaksanakan pemotongan hewan kurban, kambing sebanyak 40 ekor dan sapi sejumlah 2 ekor. Pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan di kampus 2 PPTQ Ibnu Abbas Klaten di desa Troso Karanganom.

” Kami menarget, penerima manfaat daging kurban tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.116 orang dan menjangkau seluruh daerah di kabupaten Klaten..” pungkas Fajarul Falah. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply