Kembangkan Wirausaha, Kades Soka Sri Mawarni Ajak Warganya Ternak Kambing

 POPULER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Kepala Desa Soka, Karangdowo, Klaten Sri Mawarni punya cara kreatif untuk mengembangkan potensi desanya.  Mengakui jumlah penduduknya yang kecil sekitar seribu jiwa, ia memilih warganya berwirausaha.  Caranya adalah mengajak warga Soka beternak kambing.

Salah satu tanah kas desanya disulap jadi kandang kambing.  Bangunan tembok permanen dibangun seluas 800 m2. Didalamnya dibuat kandang – kandang kambing berpanggung dan bersekat.  Kambing turunan etawa tampak sehat dan gemuk. Warna bulunya yang halus dan telinga kambing yang menjuntai menggoda untuk dibelai siapa saja yang berkunjung.

“Kami mengawali wirausaha kambing ini sejak akhir 2023.  Jadi pengelolaan diserahkan dari Pemerintah Desa Soka kepada kelompok masyarakat.  Sistimnya gaduh. Warga yang mengelola nanti keuntungannya dibagi bersama dengan pemerintah desa” jelas kades perempuan itu saat ditemui (Selasa,6/8/23) di Lokasi ternak.

Mawarni mengatakan   Pemerintah Desa Soka memilih wirausaha ternak kambing karena desanya potensial dengan hasil pertanian. Dia berharap ternak kambing itu tidak saja meningkatkan pendapatan warga, tapi juga mendukung sektor pertanian.

“Tanah desa Soka sangat subur, khususnya untuk hasil padi.  Nanti harapannya hasil kotoran ternak tadi bisa untuk pupuk.  Irigasi kami dari Waduh Gajah Mungkur Wonogiri.  Awalnya Pemerintah Desa Soka menganggarkan 120 juta untuk membuat bangunan dan knndang sebagai investasi.  Lalu 60 juta untuk membeli bibit kambingnya.  Saat ini sudah ada yang beranak dan dijual untuk diambil keuntungannya.  Sekarang masih ada sekitar 12 ekor kambing” tambahnya.

Ditanya terkait respon masyarakat Desa Soka atas program ternak kambing yang digulirkan, Sri Mawarni didamping Sekretaris Desa Subana menambahkan kalau sambutan warga sangat antusias.

“Melihat perkembangan budidaya ternak Desa Soka  sangat baik.  Bahkan ada 10 warga yang istilahnya inden atau menunggu untuk bergabung menjadi peternak penggaduh.  Pemerintah Desa Soka sangat berhati.  Pengelola kambing kami buatkan surat kontrak kerja dan surat Keputusan pengurusnya.  Kelompok ternaknya kami beri nama Kelompok Suka Mulya. Kedepan usaha ternak kambing akan kami kembangkan dan melibatkan lebih banyak masyarakat desa Soka” pungkasnya.

Desa Soka yang terletak di Kecamatan Karangdowo, Klaten memiliki luas 98,8965 hektar berpenduduk 1.096 jiwa. Potensi pertaniannya sangat subur dengan lahan yang sangat luas.  Kehidupan warga Soka adalah bertani, beternak, budidaya kerajinan keset kain dan sebagian lagi merantau.

Kini Pemerintah Desa Soka sedang membangun wisata embung yang akan dikembang sebagai pariwisata desa dengan daya Tarik kuliner tradisional. (Joko Priyono)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply