Sri Mulyani  Rahayuningsih : ” Senam Aisyiyah Bahagia, Agar Tetap Sehat diusia Pra Lansia “

 POPULER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN  – Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah  ( PDA  ) Kabupaten Klaten  Sri Mulyani  Rahayuningsih memberikan apresiasi kepada Lembaga Budaya Seni dan Olahraga (LBSO) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Klaten  yang  telah  berinisiatif untuk mengenalkan  senam “’Aisyiyah Bahagia” sebagai bentuk pembaharuan dari Senam ’Aisyiyah Ceria yang telah dirilis 5 tahun yang lalu.

Hal itu disampaikan  Sri Mulyani  Rahayuningsih saat  memberikan  sambutan  pengarahan  pada acara  Rapat Koordinasi ( Rakor )  Badan Pembantu Pimpinan  ( BPP ) dan Pimpinan  Cabang  Aisyiyah  ( PCA ) se Kabupaten Klaten dengan LBSO PDA Klaten pada Selasa ( 10/9/2024 ) di Aula Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA ) Ngawen Klaten.          

“Senam Aisyiyah bahagia ini penting untuk diperkenalkan kepada warga Aisyiyah  agar tetap sehat diusia pra lansia” katanya.                             

Rakor LBSO dilaksanakan terkait rencana beberapa program  dan kegiatan  LBSO yang  akan  melibatkan  warga  Aisyiyah  di Kabupaten Klaten yang salah satu diantaranya adalah  mengenalkan
Senam “’Aisyiyah Bahagia”. Senam dengan durasi waktu  35 menit dengan gerakan yang mudah untuk dipelajari dan dihafalkan ini akan disosialisasikan kepada seluruh warga Aisyiyah  di Klaten melalui PCA dan BPP PDA Klaten.

Ketua LBSO PDA Klaten Istikomah menyampaikan  bahwa gerakan senam Aisyiyah bahagia  ini terbagi menjadi gerakan pemanasan, gerakan inti dan gerakan , gerakan transisi dan pendinginan.

“Gerakan pemanasan selama 5 menit, gerakan inti selama 20 menit, gerakan transisi 5 menit, dan gerakan pendinginan selama 5 menit.” kata Istikomah.

Dikatakan Istikomah tentang lagu  pada senam ini diciptakan langsung oleh kader ‘Aisyiyah dengan konsep pembelajaran rohani dengan irama instrumen yang energik dan penuh semangat.

“Iringan lagu senam ’Aisyiyah Bahagia ini  menggambarkan tentang makna kehidupan  di dunia yang memiliki hubungan dengan Allah Subhanahu Wata’ala.” katanya.

Istikomah  selaku Ketua LBSO menyatakan gerakan senam “’Aisyiyah Bahagia” bisa dinikmati semua kalangan dan umur, karena gerakan dalam senam ini sudah sesuai dengan otot manusia pada usia 40 tahun.

“Senam ’Aisyiyah Bahagia sudah menjadi senam yang masuk kategori standar kesehatan otot masyarakat di usia 40 tahun dengan durasi  selama 35 menit namun tidak membuat penikmat merasa kelelahan bahkan terbukti akan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh,” kata Istikomah menjelaskan.

Sangat dianjuran dalam melaksanakan senam ’Aisyiyah Bahagia ini sebaiknya  dilakukan di luar ruangan baik di pagi hari sebelum matahari terik dan di sore hari setelah matahari terik.

Sejumlah program dan kegiatan yang akan dilaksanakan LBSO Kabupaten Klaten  yang  melibatkan  warga  Aisyiyah  antara  lain   launching Senam Aisyiyah Bahagia, lomba senam Aisyiyah Bahagia  antar PCA, lomba paduan suara Mars Aisyiyah antar PCA,  tilawatil Qur’an, dan seni yang lain. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply