Hj. Kadarwati, SH.MH : ” Kualitas Makanan Yang Dikonsumsi Seseorang Berhubungan Erat Dengan Usia Harapan Hidupnya “

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Anggota Komisi B DPRD Jateng dari FPDIP Dapil Jateng 7 ( Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Klaten ), Hj. Kadarwati, SH.MH hari Rabu (7/8/2024) melaksanakan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) bersama warga masyarakat desa Bentangan kecamatan Wonosari kabupaten Klaten.

FGD kali ini mengusung tema, “Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Gerakan Peduli Lingkungan” dihadiri oleh puluhan warga masyarakat antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RT, Ketua RW, anggota BPD, kader kesehatan desa serta Plt. Kepala Desa Bentangan, H. Tata Prasaja beserta jajaran Perangkat desa setempat.

Hj. Kadarwati, SH.MH kepada Lintassolorayanews.com menyatakan, untuk mencapai usia harapan hidup sesuai standard yang telah ditentukan oleh Kementrian Kesehatan, yaitu 74 tahun, perlu dilakukan gerakan peduli lingkungan. Baik lingkungan hayati, nabati maupun lingkungan sosial secara sistematis dan masif oleh seluruh stake holder yang ada.

” Semua diawali dari perilaku orang perorang secara individu. Utamanya perilaku hidup bersih dan sehat. Dari situ kemudian peduli terhadap kebersihan lingkungan, mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga kemudian meluas ke lingkup masyarakat di lingkungan tempat tinggal selanjutnya berjenjang sampai lingkungan se negara tempat kita tinggal…” kata Kadarwati.

Lebih lanjut dijelaskan Kadarwati, untuk menciptakan lingkungan hidup sehat, disamping kita harus menjaga kebersihan tempat tinggal kita, juga tidak kalah penting adalah kualitas dari apa yang kita konsumsi setiap hari. Untuk mendapatkan makanan sehat tidak harus beli yang mahal mahal.  Kita bisa mulai dengan menanam sayur mayur di tanah pekarangan kita sendiri, baik secara manual maupun secara hidroponik.

” Kualitas makanan yang kita konsumsi berhubungan erat dengan harapan usia hidup kita. Semakin baik kualitas makanan yang kita konsumsi semakin panjang usia harapan hidup kita. Meski usia adalah menjadi rahasia Allah SWT, tetapi sebagai manusia kita wajib berusaha…” lanjut Kadarwati.

Sementara Plt. Kepala Desa Bentangan kecamatan Wonosari, H. Tata Prasaja menyambut baik kedatangan anggota Komisi B DPRD Jateng, dari FPDIP Dapil Jateng 7, Hj. Kadarwati, SH.MH di desanya. Meski desa Bentangan sebenarnya sudah termasuk kategori desa yang sudah lolos lima pilar STBM. Tetapi, sempat juga ada warga yang meninggal karena Demam Berdarah (DB).

“Saat itu kita langsung sigap melakukan gertak PSN  atau gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk di seluruh wilayah desa Bentangan.

” Bukan itu saja, kita sempat melakukan fogging mandiri dengan membayar pihak ketiga, sambil menunggu fogging dari dinas kesehatan..” ucap Tata Prasaja.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply