HKN ke-60, Dinkes Klaten Gelar Jambore Kesehatan 2024

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60, menyelenggarakan kegiatan Jambore Kader Kesehatan 2024.

Bupati Klaten yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono membuka acara tersebut, Jumat (23/08/24) di Pendopo Setda Kabupaten Klaten.

Turut hadir Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK se Kecamatan di Kabupaten Klaten, Kepala Puskesmas, Kader Posyandu, Narasumber, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono mengapresiasi atas kompetensi yang dikuasai oleh kader kesehatan. “Saya mengapresiasi seluruh Kader Posyandu se-Kabupaten Klaten, Dinas Kesehatan, panitia, dan semua pendukung acara ini. Kita bersama berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik sesuai dengan transformasi layanan primer dalam RPJMN 2020-2024. Terima kasih, saya bangga melihat simbol 25 kompetensi yang dikuasai ibu-ibu Kader Posyandu hari ini,” paparnya.

Melalui jambore tersebut, Ia berharap agar seluruh kader juga dapat memanfaatkan materi yang diberikan oleh narasumber yang dihadirkan dengan sebaik mungkin, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik dan dapat memberikan bantuan mendasar terhadap layanan kesehatan dan sosial kepada masyarakat.

Ia berpesan kepada seluruh kader untuk berpartisipasi dan bergerak aktif mendatangi rumah masyarakat dalam mendata, mengecek kesehatan baik itu ibu hamil maupun balita. “Saya berharap dan berpesan kepada seluruh Kader Posyandu dapat memanfaatkan materi yang diberikan oleh narasumber dan berpartisipasi , bergerak aktif mendatangi rumah masyarakat dalam mendata, mengecek kesehatan baik itu ibu hamil maupun balita,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinkes Klaten , Anggit Budiarto mengatakan kegiatan Jambore Kader Kesehatan ini diikuti secara daring maupun luring oleh Kader Posyandu se Kabupaten Klaten. “Tujuannya jambore ini untuk peningkatan kapasitas agar mencapai target di tahun 2026 dan harapanya seluruh Kader Kesehatan di Kabupaten Klaten sudah menguasai dan lulus 25 kompetensi,” jelasnya.

Selanjutnya, Sekda Klaten bersama Kepala Dinkes Klaten menyerahkan piala penghargaan kepada pemenang Lomba Kader Posyandu Berprestasi dan Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Klaten.

Tak hanya itu, Sekda Klaten, Jajang Prihono juga menyematkan slendang kepada 34 orang kader kesehatan se Kabupaten Klaten.

Terakhir, acara diisi dengan materi dari narasumber yakni Dokter Nuril Ahmadi , dengan tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 Tahun ini “Hidup Sehat dan Produktif , Tanpa Diabetes dan Hipertensi”. (Ist/kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply