Ribuan Warga Hadiri KBBS di Lapangan Jambakan, Bayat

 REGIONAL DAN DAERAH


LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Ribuan warga memenuhi Lapangan Desa Jambakan, Kecamatan Bayat, Klaten, untuk mengikuti acara Klaten Berdzikir dan Bersholawat (KBBS) bersama Habib Muhammad Zaidan bin Haidar bin Yahya, Jumat (6/9/2024) malam. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi  Kabupaten Klaten yang ke-220, HUT ke-79 Republik Indonesia, serta menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara KBBS dimulai dengan pembacaan dzikir tahlil bersama yang dipimpin oleh Sayyid Mas’ud Alwi Alhasani dan diikuti oleh seluruh jamaah yang hadir. Dilanjutkan dengan lantunan selawat untuk Nabi Muhammad SAW yang diiringi oleh Grup Hadrah Sekar Langit dari Boyolali.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, Bupati Klaten periode 2005-2015, Sunarna, jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten, kepala OPD, Forkopimcam Bayat, serta kepala desa se-Kecamatan Bayat.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi ulama, masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Klaten. Serta dapat mempererat hubungan sosial dan cinta antar sesama.

“Silaturahmi yang kita lakukan pada malam ini adalah salah satu ibadah yang agung dan membawa berkah bagi kita semua. Melalui silaturahmi kita dapat menyatukan rasa cinta dan interaksi sosial antar umat manusia, dan insya Allah jika pendengaran ini sering mendengarkan ayat-ayat Allah dan sunnah nabi, semoga jiwa dan hati kita selalu hidup karena dipancari dengan cahaya ilahi. Sentuhan-sentuhan hidayah dalam kebaikan hati yang hidup menjadikan perilaku kita akan terjaga dalam aktivitas kebaikan hati yang hidup dengan sentuhan hidayah akan menjaga hidup kita terjaga dari perbuatan dosa dan maksiat,” tuturnya.

Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Klaten, Nurcholis Arif Budiman, melaporkan bahwa KBBS adalah agenda rutin Pemerintah Kabupaten Klaten yang merupakan bagian dari perayaan Hari Jadi ke-220 Kabupaten Klaten dan HUT ke-79 RI serta Maulid Nabi SAW. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahim dan ukhuwah Islamiyah antara ulama, pemerintah, dan masyarakat Kabupaten Klaten. Dengan dzikir dan sholawat, diharapkan ketenangan jiwa dapat tercapai dan masyarakat selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahim dan ukhuwah islamiyah baik antara ulama, pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Klaten dan sekitarnya. Dengan berdzikir dan bersholawat maka akan memberikan kita ketenangan jiwa. Semoga dengan memperbanyak dzikir dan sholawat, masyarakat selalu berada dalam lindungan Allah,” ungkapnya.

Rangkaian KBBS dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh KH. Muchlis Hudaf, pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam, Ceper. Sebagai penutup, acara diakhiri dengan Mahalul Qiyam dan doa bersama. (Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply