Sambut Hari Jadi Klaten ke 220 Dan Hari Kemerdekaan RI ke 79, Pemdes Kalikotes Gelar Karnaval Budaya Desa Kalikotes 2024

 REGIONAL DAN DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Ribuan warga masyarakat desa Kalikotes kecamatan Kalikotes hari Minggu (25/8/2024) dengan sangat antusias mengikuti Pawai Karnaval Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Kalikotes. Pawai Karnaval Budaya diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Klaten yang ke 220 sekaligus menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79.

Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Kepala Desa Kalikotes kecamatan Kalikotes, Ponidi, SM kepada Lintassolorayanews.com di sela sela mengikuti pawai Karnaval Budaya bersama warga masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan Ponidi, pawai karnaval budaya tahun 2024 desa Kalikotes kecamatan Kalikotes kali ini diikuti oleh sepuluh kontingen atau kelompok warga masyarakat di lingkungan RW yang ada di desa Kalikotes.

” Setiap RW atau kelompok warga masyarakat menampilkan potensi seni dan budaya, baik tradisional maupun seni kreasi baru ( kontemporer) yang dimiliki oleh warga lingkungan RW setempat..” jelas Ponidi.

Pawai karnaval budaya desa Kalikotes tahun 2024 ini menurut Ponidi diselenggarakan juga dalam rangka menampilkan potensi yang ada di dalam warga masyarakat. Melestarikan seni budaya tradisional yang ada dan berkembang di masyarakat.

” Yang tidak kalah penting, tujuan diadakannya pawai karnaval budaya ini adalah untuk memperkuat rasa nasionalisme, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan serta mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat desa Kalikotes..” ungkap Ponidi.

Pawai Karnaval budaya desa Kalikotes tahun 2024 diawali dari lapangan desa Kalikotes kemudian berjalan menyusuri jalan jalan utama di desa Kalikotes dan berakhir di gedung pertemuan Graha Tirta Mandala desa Kalikotes.

Di dalam gedung pertemuan Graha Tirta Mandala desa Kalikotes, setiap kontingen atau kelompok warga lingkungan RW menampilkan tari tarian kreasi baru oleh warga masing masing RW. Semua penampilan dari kelompok atau kontingen warga RW dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari anggota Dewan Kesenian Kabupaten Klaten dan Kepala SMPN 1 Kalikotes. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply