Bupati Hj. Sri Mulyani, SM.MSi Buka Festival Gejog Lesung Kabupaten Klaten Tahun 2024 di Cawas

 SENI BUDAYA DAN WISATA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bertempat di lapangan desa Barepan kecamatan Cawas, Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, SM.MSi hari Sabtu (24/8/2024) pagi secara resmi membuka Festival Gejog Lesung Kabupaten Klaten Tahun 2024. Festival Gejog Lesung tahun 2024 hari ini merupakan pelaksanaan festival Gejog Lesung yang ke 6 sejak tahun 2014.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Gejog Lesung Kabupaten Klaten tahun 2024, Drs. Prihadi yang juga camat Cawas ini kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, festival Gejog Lesung tahun ini dalam rangka memperingati hari jadi Klaten yang ke 220 dan menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79. Festival Gejog Lesung tahun ini merupakan pelaksanaan festival Gejog Lesung yang ke 6 sejak tahun 2014. Namun pada tahun 2019, festival berhenti sementara karena pandemi covid 19. Dan baru pada tahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten Klaten kembali melaksanakan festival Gejog Lesung yang dilangsungkan di kecamatan Cawas.

” Dengan festival Gejog Lesung ini, kita berupaya menggali potensi seni budaya yang ada di dalam masyarakat kecamatan Cawas khususnya dan wilayah kabupaten Klaten umumnya, dan sebagai upaya melestarikan seni budaya tradisional peninggalan nenek moyang leluhur kita. Disamping itu juga untuk menghidupkan dunia pariwisata di kabupaten Klaten dan menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menonton festival Gejog Lesung ini..” jelas Prihadi.

Lebih lanjut disampaikan Prihadi, festival Gejog Lesung tahun 2024 ini diikuti oleh 25 kelompok seni tradisional Gejog Lesung dari beberapa kecamatan dan juga dari desa desa yang ada di kecamatan Cawas.

” Sementara juri dalam festival kali ini berasal dari Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, dari ISI Surakarta, dan dari SMK N 8 Surakarta (SMKI Surakarta)…” lanjut Prihadi.

Masih menurut Prihadi, festival Gejog Lesung dilaksanakan di lapangan desa Barepan juga sebagai upaya untuk menggeliatkan perekonomian warga Cawas dalam bentuk membuka stand stand UMKM oleh warga masyarakat kecamatan Cawas. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply